Study Tour Ke Pulau Bali 16 – 18 Januari 2020

Hari Kamis tanggal 16 Januari 2020 menjadi hari yang berbahagia bagi siswa siswi kelas IX SMP Negeri 2 Sumberpucung (SMP TGP) tahun pelajaran 2019 – 2020. Pasalnya hari itu merupakan hari keberangkatan mereka menuju Pulau Bali dalam rangka study tour. Program ini merupakan program tahunan sekolah yang telah direncanakan sejak lama. Study tour (Study Wisata) kali ini dilaksanakan mulai hari Kamis tanggal 16 Januari 2020 dan kembali ke Sumberpucung hari Minggu tanggal 18 Januari 2020.

Pemberangkatan di pimpin langsung oleh Bpk. Drs. Santoso, M.Pd (Kepala Sekolah)

Rombongan berangkat pukul 13.00 WIB menuju RM Utama Raya (Paiton) untuk melaksanakan makan malam sebelum menyeberang ke Gilimanuk. Di RM Utama Raya rombongan sampai pukul 18.00 WIB untuk melaksanakan makan malam sekaligus melaksanakan sholat. Pukul 19.30 WIB perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Perjalanan yang cukup lancar tanpa menemukan hambatan apapun menyebabkan rombongan sampai di pelabuhan lebih cepat yaitu pukul 23.00 WIB. Tidak memerlukan waktu tunggu yang lama, rombongan bisa segera menyeberang menggunakan kapal feri. Mengingat tidak semua rombongan terangkut dalam satu kapal maka rombongan terpisah menjadi dua kelompok. Ombak dan angin yang tenang serta cuaca yang cukup cerah menyebabkan penyeberangan menuju Gilimanuk lancar.

Tepat pukul 04.00 WITA rombongan sampai di tujuan pertama study tour yaitu Tanah Lot. Mengingat sampai ditempat ini masih pagi, maka rombongan segera melaksanakan bersih diri dan sholat subuh sambil menunggu loket buka. Pukul 06.15 WITA begitu loket buka, rombongan segera masuk ke lokasi. Siswa siswi menikmati keindahan Tanah Lot dengan melakukan foto bersama. Pukul 07.15 WITA begitu keluar dari lokasi, rombongan melaksanakan makan pagi dan segera melaksanakan perjalanan kembali menuju Pantai Pandawa.

Tepat pukul 10.00 WITA rombangan sampai di Pantai Pandawa. Udara yang panas dan matahari yang cukup terik tidak menyurutkan beberapa siswa untuk bermain pasir dan berswafoto di Pantai Pandawa. Sayangnya waktu yang diberikan tidak lama. Demi menghindari macet menuju lokasi berikutnya, tepat pukul 11.00 WITA rombongan segera melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Benoa untuk mengunjungi tempat penangkaran penyu dan makan siang. Perjalanan sempat sedikit macet tapi tidak menyurutkan semangat siswa siswi SMP Negeri 2 Sumberpucung dalam menikmati perjalanan.

Pukul 11.40 WITA rombongan tiba di Tanjung Benoa. Siswa siswi yang tertarik langsung menaiki kapal boat menuju ke tempat penangkaran penyu. Didampingi oleh beberapa pendamping guru, siswa belajar mengenai perkembangan penyu mulai dari tukik hingga kura – kura dewasa. Setelah puas belajar tentang perkembangan penyu, siswa kembali ke tempat awal kedatangan rombongan untuk melaksanakan makan siang. Selesai makan siang, rombongan segera melanjutkan perjalanan menuju objek wisata berikutnya, yaitu Pantai Kuta.

Rombongan sampai pukul 15.30 WITA di lokasi perbelanjaan Khrisna. Mengapa di parkiran Khrisna? Karena dari lokasi ini rombangan segera berganti shuttle khusus menuju Pantai Kuta. Di Pantai Kuta, siswa diijinkan untuk bermain air dan berfoto bersama teman – temannya. Cukup lama untuk rombongan menikmati suasana Pantai Kuta. Di sini siswa juga diberikan tugas untuk bisa melaksanakan percakapan dengan turis asing yang ditemui di pantai. Tidak sampai menunggu matahari tenggelam, siswa kemudian kembali ke Khrisna dan diijinkan untuk berbelanja oleh – oleh selama kurang lebih 30 menit.

Selesai berbelanja di Khrisna, rombongan segera menuju ke Hotel Diana dan Hotel Satria tempat rombongan menginap di Jalan Pidanda. Di hotel ini pula rombongan melaksanakan makan malam dan istirahat untuk mengumpulkan energi kembali. Hotel satria yang memiliki kolam renang dimanfaatkan siswa untuk berenang sepuasnya setelah mereka selesai makan malam. Mereka berenang hingga pukul 22.00 WITA. Cukup dimaklumi mengapa siswa memanfaatkan kolam renang tersebut, mengingat udara Pulau Bali yang panas membuat mereka berkali – kali berkeringat dan merasa tidak nyaman. Setelah puas berenang, siswa segera kembali ke kamar masing – masing untuk beristirahat mengumpulkan tenaga untuk perjalanan esok hari.

Keesokan harinya, tepat pukul 06.30 WITA siswa siswi serta guru pendamping telah siap untuk melaksanakan perjalanan berikutnya. Sebelum berangkat menuju tujuan berikutnya, rombongan melakukan sarapan pagi. Tepat pukul 07.30 WITA rombongan baru bisa keluar dari hotel dan segera menuju ke tempat pertunjungan Tari Barong di Cening Bagus, kawasan Batu Bulan. Pertunjukan dimulai pukul 10.00 WITA. Siswa siswi yang menyaksikan pertunjukan sangat menikmati suasana pertunjukan. Terutama karena beberapa bagian pertunjukan menampilkan apa yang sedang viral di dunia digital, seperti cara Mawang menyanyikan lagu dan sebagainya. Pukul 11.30 WITA pertunjukan Tari Barong selesai. Kemudian siswa siswi diijinkan untuk berbelanja oleh – oleh di Cening Bagus hingga pukul 12.30 WITA.

Selesai berbelanja di Cening Bagus, rombongan melanjutkan perjalanan menuju pusat oleh – oleh terkenal di Bali yaitu Joger di daerah Luwus. Rombongan berkesempatan berbelanja di Joger mulai pukul 13.30 WITA hingga pukul 15.30 WITA. Waktu yang diberikan untuk berbelanja cukup lama mengingat Joger merupakan pusat belanja yang sangat diminati. Bahkan antrian di kasir Joger semua terisi dari rombongan SMP Negeri 2 Sumberpucung. Setelah melakukan antrian yang cukup panjang, akhirnya rombongan melanjutkan perjalanan kembali dan sampai di tempat makan di daerah Bedugul.

Tepat pukul 16.30 WITA, setelah selesai makan, rombongan melanjutkan perjalanan menuju tujuan wisata terakhir yaitu Danau Bedugul. Di Bedugul ini rombongan mengisi waktu untuk melaksanakan sholat dan menikmati suasana Bedugul yang cukup dingin. Meskipun tidak turun hujan, tetapi beberapa anggota rombongan terlihat memakai jaket dan melakukan beragam aktifitas untuk mengusir dingin. Objek wisata Bedugul merupakan objek wisata terakhir untuk mengucap sayonara pada para guide yang menemani selama dua hari di Bali. Pukul 18.00 WITA rombongan meninggalkan Bedugul menuju RM Kenanga untuk makan malam. Perjalanan memerlukan waktu 1,5 jam untuk sampai di rumah makan tersebut. Begitu sampai rombongan melaksanakan makan malam, sholat, serta istirahat santai hingga pukul 22.00 WITA. Begitu waktu menunjukkan 22.00 WITA, rombongan melanjutkan perjalanan kembali untuk menyeberang kembali ke Pulau Jawa. Perjalanan menyeberang cukup lancar sehingga pukul 23.30 WITA rombongan sudah berada di kapal feri untuk menyeberang. Tidak menemukan hambatan yang cukup berarti, rombangan pada akhirnya sampai kembali di Sumberpucung pukul 07.00 WIB.

Galeri lengkapnya bisa mengunjungi halaman berikut : http://bit.ly/BALI-JAN-2020

Tinggalkan Pesan