KEPALA SEKOLAH

Mengenal Sosok Kepala SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang

Nama lengkapnya Drs. SANTOSO, M.Pd, tidak asing lagi bagi pelajar, guru dan karyawan SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang karena saat ini beliau menjabat sebagai kepala SMP Negeri 2 Sumberpucung, Malang – Jawa Timur

Beliau merupakan putera daerah kelahiran Pacitan 12 Desember 1963 lalu, merupakan anak ke 2 dari 5 bersaudara dari pasangan Alm. Bapak Sumardi dan Ibu Boyatin, lulusan  Program Pascasarjana (S-2) Universitas Kanjuruan Malang.

Sejak menamatkan pendidikan Diploma 1 IKIP Malang  tahun 1983, beliau mengabdikan diri sebagai guru di SMP Negeri Donomulyo Malang dari tahun 1984 s.d 1990. Di Tahun  1990 atas permintaan sendiri beliau pindah tugas ke SMP Negeri Kalipare, Malang. Dalam kurun waktu 1990 s.d 1999 tersebut beliau pernah menjadi wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Humas, Sarpras, serta Kurikulum.

Sebelum menjadi Kepala SMP Negeri 2 Sumberpucung, setelah mengikuti Pendidikan dan Latihan Calon Kepala Sekolah Menengah Umum yang diselenggarakan oleh Depniknas Propinsi Jatim tahun 2000 beliau menjadi Kepala SMP Negeri 3 Bantur 2006 s.d 2011, selanjutnya menjadi Kepala SMP Negeri 1 Kalipare 2011 s.d 2016, kemudian menjadi Kepala SMP Negeri 2 Kepanjen 2016 s.d 2017. Akhirnya September 2017 beliau menjadi Kepala  SMP Negeri 2 Sumberpucung sampai sekarang.

Selain menjabat sebagai Kepala SMP, beliau  pernah menjabat sebagai pembina MGMP Bidang Studi Bahasa Inggris Kabupaten Malang di Tahun 2006 s.d Tahun 2011, Ketua Rayon UN di SMP Wilayah Kalipare tahun 2006 s.d Tahun 2011, dan Ketua Rayon 2 Sumberpucung di tahun 2018/2019.

Jenis piagam yang pernah diperoleh beliau antara lain, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah di Kota Batu Tahun 2017

Disela-sela kesibukannya sebagai kepala sekolah beliau juga pernah aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan sebagai Ketua LKMD di Desa Kalipare – Malang pada tahun 2016.

Menamatkan pendidikan formal di Sekolah Dasar (SD) Pagerkidul pada tahun 1975, SMP Negeri 1 Lorok  di Lorok Kab/ Kodya Pacitan Propinsi Jawa Timur  tahun 1979. SPG Negeri Pacitan, pada tahun 1982. Diploma I Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas  pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) IKIP Malang tahun 1983. Dan Sarjana Pendidikan Jurusan Pend. Bahasa Inggris,  Fakultas  pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Malang pada tahun 1993,  serta meraih Magister Pendidikan pada Pasca Sarjana (S2) di  Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Malang pada  23 Oktober 2009

Pada masa kepemimpinan beliau, SMP Negeri 2 Sumberpucung tetap sangat diperhitungkan dalam kompetisi, baik  akademik maupun dalam ajang adu bakat  kemampuan  siswa, baik tingkat kabupaten maupun Nasional, bahkan dalam kelas internasional. Antara lain Drum Band, Pramuka, Seni Tari, Seni Bela Diri, Taekwondo, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), Atletik dan sebagainya.

Pada Pebruari 1994 beliau menikah dengan seorang putri dari Desa Kalipare Kabupaten Malang yang bernama Heri Suprihatiningtyas yang merupakan alumni SMP Negeri 2 Sumberpucung juga, bahkan pernah mewakili pramuka ke Jambore Nasional  di Cibubur. Dari perkawinan pertama dikaruniai 3 orang anak yang diberi nama Brian Primada Wahyu, Febian Trikusalya Wahyu Ramadhani,  dan Rezha Yasnia Sansabella.   Sepeninggal isteri  tercinta meninggal dunia karena sakit , beliau menikah lagi dengan Ibu Eni Indrawati yang di karuniai 2 putra  yaitu Febrian Syah Puji Handoko, dan Risky Dena Maulidiyah

Demikian Sosok Kepala SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang. Semoga kinerja dan keberhasilan beliau bisa ditiru oleh guru- guru dari Malang atau dari daerah lain.

( Umi Kalsum, S.Pd., M.Pd.)

Tinggalkan Pesan