Adakan “Bercerita” sebagai Bentuk Peringatan Hari Kartini

OSIS SMP Negeri 2 Sumberpucung adakan lomba bercerita dalam peringatan Hari Kartini. Lomba peringatan ini dilaksanakan secara daring atau virtual. Meski lomba dilakukan secara daring tak menyurutkan peserta dalam mencetak prestasi. Dalam lomba ini dibagi dalam beberapa tahap yakni tahap pendaftaran, pelaksanaan dan penilaian. Tahap pendaftaran dimulai tanggal 13-14 April 2021. Tahap Pelaksanaan dimulai tanggal 15 – 20 April 2021. Tahap Penilaian dilaksanakan tanggal 22-24 April 2021.

Pada tahap pendaftaran peserta lomba yang mengikuti berjumlah 22 siswi dari masing-masing kelas VII dan VIII. Selaras dengan ketentuan lomba bahwasanya peserta harus mematuhi aturan yang ada. Pertama, tema yang diambail tidak harus cerita perjuangan R.A Kartini, tetapi dapat bercerita tentang Cut Nyak Dien, Christina Martha Tiahahu atau yang lainnya. Ke dua, vidio berdurasi lima menit. Ke tiga, vidio diunggah di media sosial Instagram pada tanggal 21 April 2021 dengan men-tag @OSIS TGP dan caption menarik.

Di tahap pelaksanaan tentunya dari masing-masing peserta membawakan cerita perjuangan wanita yang berbeda dalam vidionya. Ada yang menceritakan pejuang R.A Kartini, Cut Nyak Dien, dan sebagainya. Begitupun dengan penampilan peserta dalam membawakan ceritanya. Peserta bebas berimprovisasi, berekspresi sesuai dengan ciri khas masing-masing. Selanjutnya vidio tersebut diunggah di media sosial.

Setelah semua peserta mengumpulkan vidio rekaman cerita perjuangan R.A Kartini, barulah masuk dalam tahap penilaian. Adapun tim penilai dari lomba ini adalah Aning Indriasari, M.Pd sebagai juri bidang patrotisme dan nasionalisme, Ninik Suryani, S.Pd sebagai juri bidang sejarah perjuangan tokoh wanita, dan Umi Kalsum, M.Pd sebagai juri bidang penampilan dan retorika dalam membawakan cerita. Ketiga juri melakukan penilaian sesuai dengan unggahan vidio peserta. Penilaian dilaksanakan tanggal 22-24 April 2021.

Akhirnya diputuskan pemenang dari lomba bercerita dalam peringatan hari kartini adalah Devina Nabila juara 1 dari kelas VIII-C, Sheren Annabelle juara II dari kelas VIII-E, dan Oky Pertiwi juara III dari kelas VII-H. Penyerahan hadiah untuk pemenang lomba dikemas dalam bentuk e-sertfikat, kuota dll yang bertempat di aula SMP Negeri 2 Sumberpucung, tanggal 30 April 2021. Penyerahan hadiah diberikan oleh Bapak Kepala SMP Negeri 2 Sumberpucung, Drs. Santoso, M.Pd, Bapak Muhammad Nur Yusuf, S,Pd, dan Aning Indriasari, M.Pd. Keberhasilan event ini tidak terlepas dari dukungan Bapak Kepala SMP Negeri 2 Sumberpucung, Bpk. Drs Santoso, M.Pd. dukungan sepenuhnya juga diberikan oleh Waka Kesiswaan, Bpk Muhammad Nur Yusuf, S.Pd serta siswa-siswi TGP yang berusaha dan bekerja keras untuk berprestasi di masa pandemi.

Tinggalkan Pesan