SMPN 2 SUMBERPUCUNG SIGAP HADAPI AKM 2021

akm smpn 2 sumberpucung / smp tgp

AKM atau yang lebih dikenal dengan asesemen kompetensi minimum merupakan sebuah terobosan baru pemerintah dalam rangka mengukur tingkat literasi dan numerasi siswa-siswi Indonesia. Terobosan ini berawal dari survey membaca Indonesia yang berada pada urutan 62 dari 70 negara tingkat dunia. Perubahan kebijakan penghapusan ujian nasional menjadi AKM juga merupakan bagian dari berfikir bahwa siswa tidak harus diuji dengan hasil akhir nilai. Namun lebih mengarah pada intervensi sekolah tersebut pada tindakan yang harus dilakukan sekolah dari hasil survey literasi dan numerasi siswa- siswi. Oleh sebab itu, kegiatan AKM tidak mengukur semua siswa, melainkan dengan basis sampel yang berjumlah 45 anak.

            SMP Negeri 2 Sumberpucung yang nota bandnya sekolah bebasis disiplin dan sigap dalam menghadapi perubahan, tentunya tidak pasrah dan diam saja menerima kebijakan baru. Namun banyak hal yang dilakukan sekolah. Tindakan yang dilakukan sekolah di antaranya mengikuti workshop AKM yang diselengggarakan tingkat Kabupaten bahkan juga mengadakan workshop sendiri dengan mengundang narasumber ahli. Salah satu workshop umum yang diikuti adalah workshop yang diadakan MKKS SMP negeri dan swasta Kabupaten Malang. Kegiatan yang diwajibkaan untuk seluruh guru tanpa terkecuali yang dilakukan secara daring dengan dipandu panitia MKKS Kabupaten Malang. Workshop ini dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2021 dengan narasumber salah satunya dosen Bahasa Indonesia yakni Dr. Titik harsiati, M.Pd sebagai pemateri literasi. Selain itu juga ada materi numerasi yang dinarasumberi dosen Matematika UNESA.

            Kegiatan yang serupa juga dilakukan guru-guru untuk menambah ilmu tentang AKM. Kegiatan tersebut adalah Workshop yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang. Adapun untuk narasumbernya adalah Dr. Titik Harsiati M. Pd, yang diwakili oleh beberapa guru SMPN 2 Sumberpucung. Usaha-usaha tersebut merupakan bagian dari menimba ilmu tentang perubahan ujian nasional menjadi AKM. Meskipun demikian, SMP TGP ini juga mengadakan acara workshop di sekolah yang mengundang ahli pembuat soal nasional, Bapak Abdul Malik, M.Pd. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 13 September 2021 yang wajib dihadiri oleh seluruh guru SMPN 2 Sumberpucung. Materi-materi yang disampaikan secara kontekstual sehingga mudah dipahami oleh Bapak ibu guru. Keterampilannya dalam membuat soal dikaitkan dengan kebutuhan dan kebermanfaatan sehari-hari itulah khas dari Bapak Malik, sapaan dekatnya. Bapak ibu guru dibimbing membuat soal dengan kriteria yang tepat dan hasilnya dikumpulkan hari itu juga dengan koreksi beliau. Narasumber dari Kabupaten Bojonegoro ini menguatkan bekal Bapak ibu guru SMPN 2 Sumberpucung tentang sejatinya sebuah AKM sekolah.

            Berbekal pada proses pembaharuan ilmu tentang AKM, membuat sebuah ide dan langkah sigap bapak ibu guru untuk menghadapi AKM di bulan Oktober 2021. Selama sebulan di bulan September 2021 bapak ibu guru Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA berkolaborasi mengemas pemberian bimbingan intensif untuk siswa-siswi. Pengemasan bimbingan intensif tersebut dalam bentuk literasi dan numerasi. Dengan membentuk kelas menjadi 2  yang berisi 20-25 anak, bapak ibu guru membimbing literasi dan numerasi siswa-siswi. Pemberian bimbingan intensif tersebut dilengkapi dengan kegiatan pretes dan postes setiap minggunya. Sehingga para pengajar mengetahui progres dari kompetensi siswa-siswi. Kegigihan bapak ibu guru ini hanya dengan satu tujuan menyiapkan anak-anak untuk suka membaca dan berhitung yang disertai dengan pemahaman kontekstual kehidupan sehari-hari.

            Oktober menyambut dengan segala kesiapan dan kesigapan. Tanggal 4-7 Oktober 2021 siswa-siswi SMPN 2 Sumberpucung melaksanakan AKM secara online terpusat. Kegiatan ini berjalan selama 4 hari. Kedala pastinya ada, namun dapat teratasi dengan segala kordinasi dan kolaborasi TIM Panitia AKM. Selain AKM literasi dan numerasi, terdapat juga survey karakter dan survey lingkungan yang diisi oleh guru dan tenaga kependidikan sekolah sebagai rangkaian dari kegiatan AKM. Kepengawasan kegiatan dengan sekolah sub rayon juga dilaksanakan secara silang.

                Berkat rahmad Allah yang maha Kuasa kegiatan AKM SMPN 2 Sumberpucung ini terlaksana dengan lancar baik secara online dengan anak tatap muka di sekolah.  Tentunya kegiatan ini tak terlepas dari dukungan Bapak Drs, Santoso, M.Pd selaku kepala SMPN 2 Sumberpucung, bapak ibu guru dan tim panitia AKM yang bertugas. Pandemi bukan sebuah halangan untuk menyambut perubahan positif dalam mewujudkan merdeka belajar berprofil pelajar Pancasila.

Tinggalkan Pesan