Gelar lomba dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa Bersama OSIS TGP

Berbeda dengan hari biasanya, di Aula Sasana Krida Wiyata SMPN2 Sumberpucung terlihat begitu semarak. Di bawah koordinasi Kaur Kesiswaan, Bpk. Oni Hariono, S.Pd bersama OSIS TGP menggelar lomba dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. Semua warga sekolah melaksanakan kegiatan lomba dengan begitu antusiasnya, Senin-Selasa, 18-19 Oktober 2021.

Adapun jenis lombanya adalah berpidato, story telling, dan menyanyi lagu cover jawa. Jenis lomba ini ditentukan dengan alasan mencakup tiga bahasa yang digunakan dan juga bertepatan dengan peringatan bulan bahasa. Pertama, pemakaian bahasa Indonesia pada lomba berpidato. Kedua, pemakaian bahasa Inggris pada lomba story telling. Ketiga, pemakaian bahasa jawa pada lomba menyanyi cover lagu jawa.

“Lomba ini diadakan selain kita memperingatai Hari Sumpah Pemuda dan Bulan bahasa, kita juga ingin menggali potensi siswa-siswi SMPN 2 Sumberpucung. Dengan adanya lomba seperti ini, kita sebagai siswa tahu akan potensi yang dimiliki. Serta kita dapat mengembangkan potensi tersebut untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi,” jelas Nabila Syaharani selaku ketua Osis.

Lomba peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan bahasa diikuti oleh semua perwakilan peserta kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pelaksanaan lomba dilaksanakan dua hari. Pada hari Senin. 18 Oktober 2021 digelar lomba story telling dan berpidato. Lomba story telling bertempat di aula dan berpidato bertempat di salah satu sudut ruang kelas yang ada di SMPN 2 Sumberpucung. Semua peserta yang mengikuti lomba mengenakan kostum yang berbeda-beda untuk menunjang penampilannya ketika berada di atas panggung.

Esoknya, Selasa, 19 Februari 2021 digelar lomba menyanyi cover lagu jawa. Lomba ini mencuri perhatian  banyak orang yang berada di sekitar Aula Sasana Krida Wiyata SMPN 2 Sumberpucung. Para peserta tampil cantik dan tampan karena mereka mempersiapkan dengan baik mulai dari make-up dan tata busana yang dikenakan. Meskipun lagu yang dibawakan adalah lagu jawa, semua peserta yang menonton bersorak sorai untuk memberikan apresiasi kepeda peserta yang tampil.

Meski pelaksanaan lomba peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dilakukan secara luring di sekolah. Tak menyurutkan semua peserta yang mengikuti untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai  masker dan mencuci tangan. Selain itu, kegiatan ini tak terlepas dari dukungan Bpk. Drs, Santoso, M.Pd selaku kepala SMPN 2 Sumberpucung, Ibu Endang Puji Lestari selaku Kepala Tata Usaha SMPN 2 Sumberpucung sehingga kegiatan lomba dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Tinggalkan Pesan